Tentang Room Attendant ProDalam kursus ini, kamu akan belajar tentang proses-proses dalam membersihkan kamar tamu, menangani barang tamu yang tertinggal atau hilang dan memberikan pelayanan housekeeping lainnya kepada tamu-tamu hotel.
Selain itu, kamu juga akan mempelajari karakter yang dibutuhkan sebagai pegawai hotel dan ilmu-ilmu pelayanan yang banyak diterapkan di Industri Pariwisata dan perhotelan seperti bagaimana cara berkomunikasi dengan tulus, cara mengenali kebutuhan dan keinginan tamu, cara menangani keluhan tamu, serta memahami tingkatan kualitas dalam menjawab dan merespons permintaan tamu. |
Kursus Online
|
Apa isi materi kursus Room Attendant Pro?
-
COURSE 1: Karakter pegawai pariwisata
Materi ini akan mengulas topik-topik penting tentang karakter-karakter dasar yang dibutuhkan bagi kamu sebagai seorang pekerja di sektor Pariwisata
Topik ini dibagi kedalam 5 materi belajar yang meliputi:
Lesson 1: Jujur Dalam Bekerja (Honest)
Lesson 2: Berfikiran Positif dan Kreatif (Out of The Box)
Lesson 3: Pentingnya kerjasama tim (Teamwork)
Lesson 4: Bekerja Secara Efektif dan Efisien (Effective & efficients)
Lesson 5: Belajar dan memimpin diri sendiri dan orang lain (Learn and Lead)
Lesson 6: Quiz
Catatan: Di setiap Lesson, kamu harus menyelesaikan quiz yang terdiri dari 7 soal. -
COURSE 2: Membangun budaya pelayanan
Materi ini akan mengulas teknik-teknik pelayanan yang bisa kamu terapkan untuk membangun budaya pelayanan dengan tema SMART Care Quality. Sehingga sebagai seorang pekerja di sektor Pariwisata kamu dapat terus memuaskan tamu-tamu yang datang ketempat kamu.
Topik ini dibagi kedalam 7 materi belajar yang meliputi:
Lesson 1: SMART Care Definition
Lesson 2: Sincere Emotion
Lesson 3: Memorizing the Guest's needs & Wants
Lesson 4: Action & Follow up
Lesson 5: Resolve the Guest Complaints
Lesson 6: Teamwork
Lesson 7: Quiz
Catatan: Di setiap Lesson, kamu harus menyelesaikan quiz yang terdiri dari 7 soal. -
COURSE 3: Clean & prepare room
Materi ini mengulas tentang teknik-teknik penting dalam menyiapkan dan membersihkan kamar bagi tamu-tamu hotel.
Topik ini dibagi kedalam 7 materi belajar yang meliputi:
Lesson 1: Role of Room Attendant
Lesson 2: How to Prepare Cleaning Duties
Lesson 3: How to Make Bed
Lesson 4: How to Clean Room
Lesson 5: How to Clean Bathroom
Lesson 6: How to Prepare for Next Shift
Lesson 7: Quiz
Catatan: Di setiap Lesson, kamu harus menyelesaikan quiz yang terdiri dari 7 soal. -
COURSE 4: Provide housekeeping services to guest
Materi ini mengulas tentang tekhnik-tekhnik yang bisa kamu gunakan dalam memberikan layanan housekeeping untuk tamu-tamu yang menginap di hotel.
Topik ini dibagi kedalam 5 materi belajar yang meliputi:
Lesson 1: How to Receive Housekeeping Requests
Lesson 2: How to Serve Guest for Housekeeping Requests
Lesson 3: How to Provide Advice to Guest
Lesson 4: How to Coordinate Guest's Request with other departments
Lesson 5: Quiz
Catatan: Di setiap Lesson, kamu harus menyelesaikan quiz yang terdiri dari 7 soal. -
COURSE 5: Provide lost & found service and facilities
Materi ini mengulas tentang teknik-teknik penting dalam menyikapi dan mengelola barang-barang temuan atau laporan kehilangan dari tamu-tamu hotel.
Topik ini dibagi kedalam 5 materi belajar yang meliputi:
Lesson 1: Lost & Found Facilities
Lesson 2: How to Deal with Lost & Found Items
Lesson 3: How to Deal with Claimed Items
Lesson 4: How to Deal with Unclaimed Items
Lesson 5: Quiz
Catatan: Di setiap Lesson, kamu harus menyelesaikan quiz yang terdiri dari 7 soal. -
COURSE 6: Provide turn down service
Pada materi ini kamu akan mempelajari proses pemberian layanan Turn Down Service kepada tamu-tamu yang sedang menginap di hotel.
Topik ini dibagi kedalam 5 materi belajar yang meliputi:
Lesson 1: How to Provide Additional Service
Lesson 2: How to Provide Turn Down Service
Lesson 3: Quiz
Catatan: Di setiap Lesson, kamu harus menyelesaikan quiz yang terdiri dari 7 soal. -
COURSE 7: Final test
Setelah kamu menyelesaiakan semua materi dan quiz, maka kamu harus mengerjakan final test yang berupa pilihan ganda.
Tidak sesuai dengan pilihan kamu?
Profil PenyelenggaraProgram Kartu Pra kerja ini adalah hasil kerjasama antara AJAR Hospitality dan Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Medan (BBPLK Medan) yang khusus membidangi pelatihan-pelatihan Pariwisata.
BBPLK Medan adalah institusi pelatihan pertama milik pemerintah yang telah menerapkan mode belajar Hybrid yang merupakan kombinasi antara Self Paced, Virtual Class, Face to Face dan Praktek yang berbasis kompetensi untuk Industri Perhotelan di Indonesia. Program ini menggunakan pendekatan Pentahelix yang melibatkan Asosiasi dan Industri Pariwisata dalam seluruh proses belajar yang dikelola dengan platform belajar dari AJAR Hospitality. Untuk mendukung program belajar dari rumah, BBPLK Medan kembali bekerjasama dengan AJAR Hospitality untuk menghadirkan program belajar dengan mode Self Paced (belajar mandiri) menggunakan basis kurikulum ASEAN yang telah disesuaikan dengan skema SKKNI dengan pendekatan okupasi. |